Blog Archive

Labels

Entri Populer

Loading...

Fish

Suryadi Dirga

Suryadi Dirga Inmas jabbar.blogspot.com

Cari Blog Ini

Memuat...
Dirga jabbar On Jumat, 26 Oktober 2012

Orca atau yang lebih dikenal dengan nama “Killer Whale” adalah mamalia laut sejenis dengan lumba-lumba dan ikan paus, tapi apa yang membuat Orca begitu berbeda dibandingkan dengan mamalia laut lainnya ?
Orca dikategorikan dalam kelas “paus bergigi” artinya Orca yang memiliki gigi ini tentu saja makannya terdiri dari ikan-ikan kecil dan sebagainya, lain dengan “paus baleen” yang memiliki baleen atau semacam jaring yang berguna untuk menangkap mangsa yang kecil seperti plankton.
Apa yang unik tentang Orca ?


Oke deh, to the point aja, Orca ini mamalia laut yang paling keren dan hebat ! bukan saja karena Orca adalah mamalia tercepat dilaut, tapi juga karena Orca adalah mamalia terpintar dan memiliki kultur sosiologi yang kompleks seperti manusia – artinya kehidupan Orca dan komunitasnya itu penuh drama haru-biru seperti manusia juga ! heheee ( ya kaleee :mrgreen: )
Orca tidak sembarangan dalam memilih korbannya, tentu saja untuk makan sehari-hari Orca suka makan ikan sarden, salmon atau anjing laut, tapi kalau Orca sedang bosan atau ingin refreshing gitu (kalau kita kan bisa ngemal atau ke bioskop, lha dilaut mana bisa gitu ?? ) Orca mencari korban yang lebih “menantang” yaitu saudaranya sendiri yaitu lumba-lumba (aduh, kacian :( ) paus bungkuk dan paus sperma yang merupakan mamalia terbesar di laut, bahkan hiu pun juga.
Bagaimana Orca memangsa buruan yang lebih kuat dan lebih besar dari mereka ?
Orca adalah mamalia yang pintar, mereka panggil teman-teman segank dulu, buat rencana taktik untuk menjebak mangsanya, pemburuan bisa memakan waktu berjam-jam, tapi Orca adalah mamalia yang penuh perencanaan dan pantang menyerah, dan akhirnya berkat otak dan kerjasama, Orca berhasil menaklukan mangsanya.

Anehnya setelah berhasil menaklukkan buruannya yang besar itu ( lumba-lumba atau ikan paus) Orca tidak memakan buruannya, jadi mereka cuma memangsa untuk rekreasi saja ! hmmm……
Sebetulnya saya gak tahu sama sekali tentang Orca sampai anak saya yang waktu itu masih berumur setahun entah angin dari mana terobsesi banget dengan Orca !  segala macam musti Orca, mulai dari video, buku-buku dan mainan…..lucu banget ya anak balita gitu udah kesengsem sama Orca, mungkin karena Orca itu imut-imut kayak panda kali ya ? :)
Oh ya, iseng2 buat gambar Orca dengan Inkscape dan Gimp, dengan Inkscape saya buat gambar vektor  si Orca, trus buat latar belakang lautnya dengan Gimp.

Ini juga saya buat dengan Inkscape, sayangnya entah kenapa Inkscape tidak bisa menghandle Opacity dan Gradient, tapi untuk membuat gambar vektor sederhana, inkscape sudah cukup memadai kok.

Demikian hasil iseng-iseng saya dengan Gimp dan Inkscape, mudah2an posting ini bermanfaat, terima kasih !

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Dirga jabbar. Diberdayakan oleh Blogger.